Thursday, June 6, 2013

"artikel mata"




mata adalah organ sensorik kompleks yang mempunyai fungsi optikal untuk melihat dan saraf untuk transduksi sinar,analisa imej dan transmisi imej ke otak.aparatus optik mata membentuk dan mempertahankan ketajaman fokus objek dalam retina.
retina adalah bagian saraf dari mata.
fotoreseptor dalam retina mengubah rangsang sinar ke dalam bentuk sinyal saraf,kemudian mentransmisikan nya ke pusat visual di otak via elemen saraf integratif.
kornea adalah media transparan yang dilalui sinar sebelum sampai ke retina dan guna kornea yaitu membantu refraksi dan konvergensi sinar sehingga bayangan tepat jatuh pada retina.
  • fungsi optik mata adalah menangkap cahaya dari objek agar terbentuk ketajaman trtentu dari bayangan objek di retina.
  • lensa adalah benda kristal bikonveks,menangkap cahaya dari objek sebagai cahaya yang sejajar pada jarak lebih dari 6 m.
*dua macam abnormalitas bayangan 


ada dua yang membuat abnormalitas bayangan yaitu:
  1. deformasi struktur bola mata
  2. kekakuan lensa
*pembentukan bayangan yang salah yaitu:
  1. bola mata normal (emetrop) pada keadaan istirahat dapat memfokuskan sinar datang sejajar dari objek yang jauh secara tajam di retina.
  2. bola mata yang pendek akan memfokuskan bayangan di belakanvg retina (hiperophia,lihat jauh),sehingga memerlukan koreksi dengan lensa konveks (cembung +)
  3. bola mata yang panjang akan memfokuskan bayangan di muka retina (miopi,lihat dekat),suatu defek yang dapat di perbaiki dengan lensa kankaf (cekung (-))
  4. dengan bertambahnya usia lima puluhan,kelenturan lensa berkurang,sehingga untuk melihat dekat (membaca) di perlukan koreksi dengan lensa konveks (cembung +)
demikian artikel mata ini..
semoga bisa bermanfaat...
sumber: buku kuliah psikologi faal (susunan saraf otak manusia)

No comments:

Post a Comment