Thursday, January 17, 2013

rahasia di balik bahasa tubuh



sebelum saya mengepost bagaimana cara membaca bahasa tubuh seseorang terlebih dahulu saya akan mengulas sedikit tentang "rahasia di balik bahasa tubuh".
begitu banyak orang yang ingin mengetahui dan terus bertanya-tanya mengenai bahasa tubuh danapa yang dapat kita ambil dari kita mengetahui bahasa tubuh seseorang dan apa rahasia yang terkandung dari bahasa tubuh seseorang.
di ungkapkan oleh sebuah penelitian yang di lakukan oleh mark knapp dalam buku yang berjudul "non verbal communication in human interaction",beliau mengungkapkan bahwa sebenarnya bahasa tubuh dari manusia itu mencerminkan 5 hal yaitu:
  1. pengulangan perilaku non verbal seringkali merupakan pengulangan dari apa yang telah di sampaikan secara verbal,salah satu contoh pada saat anda memberitahu arah kepada orang lain apakah secara non verbal juga tangan anda menunjuk ke arah yang anda maksud,sesudah dan sebelum andai menyampaikan secara verbal.jika ya,maka ini merupakan perilaku pengulangan terhadap pesan verbal.
  2. pertentangan bahasa tubuh yang mengandung makna pertentangan merupakan sebagian besar yang terjadi,dan mendapat porsi terbesar yang kita bahas contoh nya saat anda menjawab pertanyaan seseorang dengan kata ya akan tetapi pandangan anda tidak fokus dan cenderung mengalih kan nya.makna dari pertentangan adalah merupakan indikator dari kebohongan,tidak setuju,dan gugup.
  3. pelengkap makna  ini hampir sama dengan makna yang pertama yaitu pengulangan,makna pelengkap sebenarnya berusaha untuk meningkatkan makna dari pesan verbal,sebagai contoh pada saat anda kehilangan sesuatu pasti anda akan mengatakan kehilangan sesuatu.
  4. pengganti makna dari pengganti merupakan pengganti dari bahasa verbal dan di gantikan dengan bahasa non verbal,seringkali kita merasa kalau kita ucapkan verbal bisa aja terlalu kasar dan kurang sopan,untuk itu kita menggantinya dengan gerakan tangan atau pesan non verbal agar terlihat lebih sopan,padahal sama saja makna nya seperti mengancungkan jempol kita tanda hebat.
  5. penguatan atau penghalusan makna ini gunanya untuk meningkatkan makna pesan dari pesan verbal yang ada,bisa memperkuat atau menghaluskan makna yang di sampaikan secara verbal dengan tujuan makna yang ingin di sampaikan secara verbal akan lebih kuat lagi makna nya.contoh nya anda memarahi seseorang secara verbal anda berbicara secara non verbal tangan anda menunjuk dan dahi anda berkerut.

refrensi: buku membaca pikiran orang dengan bahasa tubuh

No comments:

Post a Comment